Cara Memasang AC Yang Baik Dan Benar

Cara Memasang AC Yang Baik Dan Benar


Cara memasang AC sangat penting untuk diikuti pada saat pemasangan unit. Karena dengan mengikuti urutan pekerjaan pemasangan unit mulai dari melihat bentuk indoor dan lokasi instalasi AC . Urutan pekerjaan menurut merk dan type yang akan berbeda-beda satu sama lain. Maka untuk mendapatkan hasil yang baik disarankan untuk mengikuti cara memasang AC produk tersebut. Berikut langkah-langkah yang harus di kerjakan didalam Cara memasang AC :

carar memasang ac

Pemilihan Tempat Pemasangan Yang Tepat | Cara Memasang AC.

Untuk langkah awalnya, kita harus menentukan tempat unit yang mau di pasang. Pilihlah tempat yang paling baik karena pemasangan unit AC akan di paten kan. Pilih tempat yang leluasa dan tidak merusak pemandangan dalam ruangan.

Membawa Masuk Unit AC | Cara Memasang AC.

Setelah kita menentukan lokasi maka bawa masuk kedalam ruangan yang akan di pasang AC. Hati-hati di dalam mengangkatnya usahakan jangan terjadi gesekan atau pun benturan. Terutama unit outdoor, jangan diangkat terbalik karena bisa membuat oli akan keluar dari kompresor.

Penentuan Posisi Pemasangan Untuk Unit Fan Coil (indoor) | Cara Memasang AC.

cara memasang ac

Setelah unit AC di bawa masuk maka kita sudah bisa menentukan tempat unit indoor AC. Pilih tempat yang baik dan usahakan jangan ada gangguan di sekitar unit yang bisa mengganggu sirkulasi udara.

Pembuatan Lubang Pipa | Cara memasang Ac.

Setelah pemasangan plat braket maka kita sudah bisa menentukan titik lubang di tembok untuk pipa. Langkah awalnya ukur dengan baik titik lubang yang bakal di buat supaya mudah memasukkan pipa . Karena kalau salah menempatkan lubang bisa-bisa pipa utama AC bisa terjepit dan rusak.

Pemasangan Condensing Unit (Outdoor) | Cara Memasang AC.

Setelah itu semua diatas dilakukan maka kita sudah bisa menentukan pemasangan unit Outdoor. Pilihlah tempat yang aman dan mudah di jangkau supaya mudah untuk di rawat dan di perbaiki. Usahakan pemasangan AC jangan mengganggu tetangga akibat dari kebisingan Outdoor.

Penyambungan Pipa | Cara Memasang AC.

Setelah unit Outdoor kita pasang maka kita sudah bisa melakukan penyambungan pipa. Pada waktu pemasangan pipa AC, jangan terlalu banyak tekukan. Karena kalau kebanyakan tekukan bisa berakibat sirkulasi freon terhambat. Dan membuat unit AC tidak bisa bekerja dengan normal.

Pengkabelan Bidang | Cara Memasang AC.

Prosedur pemasangan AC untuk pekerjaan pengkabelan bidang unit AC harus di kerjakan secara teliti . Usahakan kabel diikutkan dengan jalur pipa supaya Kabel bisa ditata dengan baik dan tidak berantakan kelihatannya. Dan juga kabel bisa ter lindung dari benturan yang tidak terduga.

Isolasi | Cara Memasang AC.

Setelah pipa dan kabel dipasang secara bersamaan maka kita akan mengisolasi pipa dan kabel tadi. Supaya pipa yang tadi kita pasang tidak terjadi kondensasi karena udara luar yang panas. Usahakan isolasi plastik tape yang kita gunakan ter lilit dengan baik ke pipa dengan ketat. Supaya bisa menjaga keutuhan pipa dan kabel di dalam nya.

Pengosongan Udara Di Pipa | Cara Memasang AC.

Setelah kita mengisolasi pipa dan kabel kita sudah bisa melakukan pengosongan udara di pipa. Cara memasang AC yang benar dengan melakukan vacum supaya bisa mengisap udara dari dalam pipa. Waktu yang biasa di pakai untuk melakukan ini sebaiknya sekitar 30 menit. Dan pastikan betul udara yang ada didalam pipa sudah kosong. Agar supaya unit pada saat dijalankan akan beroperasi dengan baik.

Uji kebocoran | Cara Memasang AC.

Cara memasang AC yang baik saat pipa kita sudah anggap aman dari udara setelah proses vaccum tadi. Maka kita sudah bisa melepas freon yang ada di outdoor ke dalam pipa ac. Pastikan pelepasan freon dimulai dari pipa tekan (pipa kecil). Dan lanjutkan dengan membuka katup pipa isap (pipa Besar). Setelah itu semua maka kita sudah bisa melakukan uji kebocoran pada pipa. Banyak teknisi yang melakukan uji kebocoran ini memberikan cairan cuci piring. Supaya teknisi bisa mendeteksi kalau ada kebocoran di tiap sambungan pipa.

Pekerjaan Finishing | Cara Memasang AC.

Tahap terakhir dalam pekerjaan Cara memasang AC ini adalah finishing. Rapi kan seluruh bagian AC yang masih dianggap belum rapi.
Kumpulkan seluruh alat kerja yang sudah kita pakai pada saat pengerjaan unit tadi. Dan periksa dengan teliti tiap-tiap sudut AC dan pastikan pemasangan kita sudah benar. Setelah kita pastikan semuanya sudah benar maka kita sudah bisa melakukan operasi uji. Untuk memastikan unit AC apakah sudah bisa bekerja dengan baik atau belum. Setelah semua berjalan dengan baik maka kita bisa memberikan arahan kepada pemilik unit AC.
Agar supaya tidak bingung dalam mengoperasikan unit AC tadi.

Cukup sekian dulu artikel mengenai cara Memasang AC. Semoga bermanfaat bagi kita semua sebagai bentuk peduli dengan ilmu pengetahuan. Dan mengenai perlengkapan kerja kita bisa mendapatnya di Shopee Indonesia Salam hangat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *