AC Keluar Air, Ohh Ternyata Ini Penyebabnya.

AC Keluar Air, Ohh Ternyata Ini Penyebabnya.


AC keluar air atau di sebut juga dengan AC leaking adalah keluhan yang paling sering di temukan di lapangan. Hampir dalam setiap harinya seorang teknisi melakukan perbaikan untuk jenis AC keluar air ini.
Nah, pada artikel kali ini kita akan mengupas tuntas penyebab sehingga hal ini bisa terjadi. Diantaranya drainase AC yang kotor, talang air AC tidak tertutup dengan rapat, Kondensasi pipa AC. Dan juga bisa disebabkan kurang miringnya pemasangan awal indoor AC pada saat instal indoor AC. Maka dari itu akan kita uraikan satu persatu penyebabnya yang sudah di sebutkan diatas. Berikut penjelasan kenapa AC keluar air atau AC leaking :

AC Keluar Air Karena Drainase AC Yang Kotor.

ac keluar air


AC keluar air biasa disebabkan oleh drainase yang kotor. Karena adanya gumpalan kotoran pada arus pembuangan di drainase AC. Sehingga air yang disebabkan dari kondensasi AC tidak bisa mengalir dengan baik melalui pipa pembuangan. Yang menyebabkan talang air jadi penuh dan akhirnya air tumpah melalui talang tersebut. Sehingga membuat lantai dibawah Indoor akan menjadi basah dan licin. dan itu sangat tidak menyenangkan buat pemilik AC. Jadi solusinya kita harus membersihkan talang air tersebut. Dan dari berbagai type ada juga AC yang mempunyai satu talang saja. Yang posisi talang tersebut berada di depan tepat di bawah sirip-sirip AC. Dan cara membersihkan bisa membuka talang air tersebut. Akan tetapi lebih mudah jika kita membersihkan dengan menyemprotkan air dengan jet pump cleaner. Dan jangan lupa membersihkan lubang pembuangan pada AC karena di situ biasa juga ada kotoran yang menghalangi. Biasanya dengan memasukkan kabel kedalam lubang pembuangan agar kotoran itu hilang. Lalu kita semprot dengan air melalui jet pump cleaner kepunyaan kita. Dengan begitu maka AC keluar air akan bisa diatasi.

AC Keluar Air Karena Talang Air AC Tidak Tertutup Rapat.

ac keluar air

Ac keluar air karena talang air AC tidak tertutup rapat biasanya di sebabkan karena lupa pada saat selesai cuci AC. Terkadang teknisi karena mengerjakan pembersihan AC dengan terburu-buru. Sehingga lupa menutup kembali dengan rapat talang air yang sudah di bukanya tadi. Dan kalau talang air tersebut tidak tertutup dengan rapat maka bisa menyebabkan AC keluar air. Awalnya hanya percikan pada dinding rumah tapi lama kelamaan akan menetes dan akhirnya tumpah ke lantai. Solusinya kita harus membuka kembali cover AC dan memperbaiki posisi talang air tersebut. Posisi yang selalu dilepas oleh teknisi yaitu posisi sebelah kiri AC. Kita hanya butuh merapatkan kembali dan mengencangkan sekrup penahan talang air tersebut.

AC Keluar Air Karena Terjadi Kondensasi Pada Pipa AC.

ac keluar air

Ac keluar air bisa juga disebabkan karena kondensasi atau pengembunan itu biasa terjadi di sebabkan karena adanya perbedaan temperatur. Dimana suhu didalam pipa AC sangat jauh berbeda dengan suhu di luar pipa. Contoh yang paling sederhana yang biasa kita alami bersama yaitu air es dalam gelas. Air es yang di tuang di dalam gelas akan menyebabkan embun di sisi luar gelas. Atau Pada saat kita mengendarai mobil pada waktu hujan dan pada saat itu AC mobil kita mati. Maka kita akan menemukan embun yang menempel pada kaca mobil kita. Nah, melalui contoh diatas kita sudah bisa berandai-andai bahwa pipa AC kita sangat dingin sehingga ac keluar air. Sementara suhu di luar nya sangat panas sehingga terjadi embun di sekitar pipa AC. Biasanya terjadi kondensasi ini pada AC yang sudah lumayan lama pemakaiannya. Karena kemungkinan Plastik tape pada pipa sudah banyak yang terlepas. Jadi sebaiknya kita melilitkan kembali plastik tape yang terlepas tadi dengan yang baru. Bisa juga dengan memberi insulasi (Armaflex) agar kondensasi bisa berkurang pada pipa.

AC Keluar Air Karena Salah instalasi AC.

ac keluar air

AC keluar air bisa saja terjadi pada AC yang baru dipasang. Kenapa, apabila salah menentukan kemiringan AC pada saat awal dipasang. Posisi yang baik buat Indoor adalah dengan memiringkan sedikit AC pada arah lubang pembuangan air. Dan apabila teknisi salah menentukan posisi tersebut maka hampir pasti AC keluar air. Karena air yang seharusnya keluar melalui lubang pembuangan akan mengendap dan akhirnya tumpah ke lantai. Maka dari itu perhitungan yang cermat dan tanpa mengurangi estetika dalam ruangan harus di punyai oleh teknisi. Agar supaya tidak terjadi hal yang seperti diatas yang sudah kita uraikan bersama. Jadi solusinya gunakan mistar timbangan untuk melihat kemiringan yang pas pada saat pemasangan Indoor. Kalau kita melakukan ini maka hampir AC keluar air itu tidak akan terjadi.

Nah, sampai disini dulu artikel mengenai ac keluar air. Semoga kita semua bisa belajar bersama agar hal-hal diatas tidak terjadi pada ac di rumah kita.
Dan saya berharap artikel kali ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di artikel berikutnya.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *